-->

Cara Merawat Ayam Hias Ringneck Pheasant

Cara merawat ayam hias ringneck pheasant supaya tetap sehat dan cepat beretelur. Mungkin bagi anda yang belum pernah memelihara ayam hias akan bertanya bagaimana cara merawat ayam pheasant ? Apa perlu dimandikan ? Apa perlu vitamin tambahan ? dan sebagainya. Pertanyaan tentang cara merawat ayam hias sering kali muncul dari penghobi baru yang belum pernah memelihara ayam hias.

Beberapa penghobi atau pecinta ayam hias baru biasanya datang dari pecinta burung ocehan seperti lovebird, kenari, jalak, murai batu, cucak rowo dan sebagainya. Mereka sudah berpengalaman dalam memelihara dan merawat burung kesayangan. Namun mereka benar-benar ayam dalam hal merawat ayam pheasant jenis ringneck ini. Setelah mengulas kandang ternak ringneck pheasant dan makanan ayam ringneck pheasant yang baik, berikut kami sampaikan cara merawat ayam ring neck pheasant.

Kebersihan Kandang 

Memelihara ayam hias ringneck phesant atau pegar kalung tidak butuh perawatan khusus seperti merawat burung atau merawat ayam bangkok atau ayam aduan. Ring neck pheasant hanya perlu kandang yang aman dan nyaman dan makanan yang cukup. Kuncinya hanya itu dalam merawat ayam pheasant pegar kalung.

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya pada Kandang Ternak Ayam Hias Ringneck Pheasant bahwa kandang yang aman dari segala gangguan termasuk predator dan virus yang mungkin mengganggu ayam ring neck. Posisi kandang yang sebisa mungkin mendapat sinar matahari pagi dan sirkulasi udara yang baik supaya kandang tidak lembab.

Bersihkan kandang setiap hari dari kotoran yang dikeluarkan oleh ayam ringneck dan dari makanan sisa yang tercecer di lantai kandang. Kebersihan kandang ayam hias menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh peternak ayam pheasant.

Lantai pasir mungkin perlu di ganti setahun sekali jika kondisinya sudah kotor. Ingat bahwa ringneck pheasant sangat senang mandi pasir. Ayam Hias ring neck pheasant tidak perlu dimandikan dengan air kecuali dalam kasus-kasus tertentu. Biasanya kandang yang kurang sinar akan disukai kutu. Ringneck betina yang mengeram sering kali juga terkena kutu ayam atau gurem. Pada kasus ini ayam ringneck boleh dimandikan dengan campuran obat kutu seperti KUTUTOX.

Penyemprotan Kandang dengan desinfektan atau obat sejenisnya untuk mencegah terjadinya penyakit juga perlu dilakukan 1 bulan sekali. Penyemprotan ini bertujuan untuk mencegah adanya virus yang bisa menyebabkan ayam sakit. Jika sudah terjadi kasus ekstrim dimana kandang sudah terjangkit virus yang menyebabkan ayam sakit dan mati maka kandang harus dikosongkan. Semprot kandang dengan obat yang lebih keras seperti FORMADES yang dicampur dengan desinfektan.


Makanan Dan Vitamin

Perihal makanan utama ayam ringneck pheasant sudah kami ulas sebelumnya. Hal penting yang perlu kami tekankan adalah memberikan jenis voor sesuai dengan usia ayam hias. Makanan tambahan sebagai penambah nafsu makan dan penambah nutrisi juga peru diberikan. Buah pepaya dan daun pepaya termasuk makanan yang baik untuk menjaga stamina ayam ringneck.

Makanan tambahan seperti tauge dan jangkrik dipercaya dapat meningkatkan libido indukan ringneck pheasant. Untuk indukan yang siap kawin perlu dicoba diberikan tauge, jangkrik dan ulat hongkong supaya indukan pheasant kawin dengan baik sehingga telur pheasant dapat vertil sempurna.

Vitamin untuk menjaga stamina seperti jenis vitamin yang biasa di jual di toko pakan. Merk Vitamin ayam sepert Vitachick, Vortefit dan sebagainya adalah vitamin yang di campur di air minum. Perlu diperhatikan dalam pemberian air minum yang di campur vitamin ini. Usahakan anda mencampur air minum dengan vitamin yang habis dalam 1 hari. Air minum yang di campur vitamin setelah lebih dari 24 jam sebaiknya di buang.

Merawat Anakan Ringneck Pheasant

Indukan ringneck pheasant betina akan bertelur dan mengerami telurnya selama 24-25 hari. Namun kebanyakan peternak menetaskan telur pheasant menggunakan mesin tetas. Setelah menetas anakan ringneck pheasant di letakkan dalam box penghangat atau brooder dengan suhu 30-33 derajat celcius. Sediakan makanan untuk anakan  ringneck dan minuman yang di campur dengan vitamin. Beberapa peternak ada yang menggunakan air gula untuk menambah stamina anakan pheasant yang baru menetas.

Brooder atau box penghangat anakan ayam hias bisa di buat dengan papan atau triplek dengan ukuran disesuaikan dengan jumlah anakan pheasant yang baru menetas. Sebagai penghangat bisa menggunakan bohlam lampu pijar yang jumlahnya disesuaikan dengan besarnya box. Perhatikan kondisi anak ayam, jika mereka berkumpul menjadi satu berarti suhu kurang panas. Anda bisa menambah jumlah bohlam atau mengganti bohlam dengan watt lebih besar.

Sirkulasi udara juga penting untuk box penghangat ini. Pastikan box tidak pengap dan lembab. Kondisikan tempat minum anakan ayam supaya air minum tidak tumpah. Para peternak ayam hias biasanya menggunakan bok triplek dengan lantai dari strimin halus sehingga kotoran ayam akan langsung terbuang.

Merawat Ayam Pheasant Yang Sakit

Penyebab sakitnya ayam hias ringneck pheasant dapat disebabkan beberapa faktor. Perubahan suhu yang ekstrim saat memasuki pancaroba bisa membuat ayam sakit. Penularan virus dari ayam lain juga dapat menyebabkan ayam pheasant sakit. Untuk itu perlu sterilisasi kandang dari ayam lainnya. Tindakan karantina untuk ayam yang baru datang atau ayam yang baru dibeli wajib dilakukan. Minimal butuh waktu 1 minggu untuk mengkarantina ayam yang baru datang sebelum di campur atau dimasukkan ke kandang ayam utama.

Jika terjadi salah satu ayam sakit pisahkan dari ayam hias yang sehat. Dengan kandang kecil seperti kandang burung lovebird cukup untukmemisahkan dan mengkarantina ayam yang sakit. Berikan obat untuk ayam yang tergantung kepada jenis penyakitnya. Obat yang biasa atau umum untuk ayam sakit seperti Trimizyne, Koleridin, Tetrachloor, Vitaplex dan sebagainya dapat diberikan. Tanyakan kepada penjual jenis obat yang sesuai dengan penyakit ayamnya.

Untuk obat yang disuntikan seperti Medoxy LA,  Vet Strep dan sebagainya yang rata-rata adalah produksi dari Medion. Namun butuh keahlian untuk menyuntikan obat pada ayam. Jika ragu-ragu hubungi atau bawa ayam yang sakit ke dokter hewan terdekat. Beberapa daerah juga sudah ada PUSKESWAN yang khusus menangani hewan peliharaan yang sakit.

Vaksinasi adalah tindakan pencegahan yang diperlukan untuk membuat kekebalan ayam ringneck terhadap penyakit. Jika anda memiliki kandang yang luas dengan ayam hias yang bergam seperti golden pheasant, yellow, silver dan lady pheasant dalam satu lokasi, ada baiknya anda melakukan vaksin ayam 3 bulan sekali. Mengingat harga ayam pheasant yang mahal, maka harga vaksin tidaklah seberapa dibanding resiko yang mungkin anda terima.

Demikian tadi sedikit ulasan tentang cara memelihara dan merawat ayam hias ringneck pheasant yang akan kami update di kesempatan lain. Artikel ini mendukung peluang usaha ternak ayam hias ringneck pheasant sebelumnya.
Disqus Comments