Kandang Ternak Ayam Ringneck Pheasant

Kandang ternak ayam hias ringneck pheasant salah satu hal penting yang harus disipkan sebelum anda melangkah lebih jauh untuk budidaya ayam ring neck pheasant. Mungkin setelah anda mengetahui prospek agrobisnis budidaya ayam hias pegar kalung anda ingin segera memulai budidaya  ringneck pheasant. namun tentunya anda harus tahu hal-hal yang perlu disiapkan. Yang utama adalah kandang ternak ringneck pheasant.

Kami ingatkan kembali bahwa budidaya ayam hias jenis ringneck masih memiliki prospek  yang menggiurkan. Masih banyaknya permintaan dari penghobi ayam atau unggas hias, dan harga ring neck pheasent yang relatif stabil adalah salah satu faktor penyemangat bagi anda yang ingin terjun di dunia agrobisnis ternak ayam hias. Dan hal pertama kali yang harus disiapkan adalah kandang. Seperti apa kandang ayam ringneck pheasant yang baik ?

Ukuran Kandang Ternak Ayam Ringneck Pheasant

Kandang adalah rumah bagi ayam hias kesayangan anda. Seperti pemiliknya, ayam hias pegar kalung juga membutuhkan kandang yang aman dan nyaman. Ukuran Kandang minimal untuk memelihara sepasang ring neck pheasant adalah 1 x 1 meter. Kandang yang lebih luas akan lebih bagus. Apalagi mengingat ayam pegar kalung ini adalah unggas polygami dimana 1 jantan bisa dikawinkan dengan 3-5 betina. Hal ini adalah salah satu keuntungan bagi peternak ayam hias sehingga akan didapatkan banyak telur ringneck dari indukan yang banyak.

Untuk 1 jantan 3 betina ringneck membutuhkan kandang minimal 2 x 1,5 meter. Lebih luas lebih baik sehingga mereka memiliki cukup ruang untuk bermain main. Meskipun semakin luas kandang tidak menjamin tingkat keberhasilan budidaya ayam pheasant. Akan tetapi mengingat ini adalah ayam hias maka lebih baik kandangnya juga berhias. Sehingga kita juga betah memandang mereka di kandang.

Kandang yang luas dapat diberikan ornament yang mendukung keberhasilan ternak selain juga untuk estetika dan keindahan kandang ayam pheasnt. Pohon atau tanaman hias dari jenis yang tidak dapat tumbuh besar sangat cocok di tanam di dalam kandang. Rumput ilalang atau tanaman hias dari jenis perdu bisa menjadi tempat mereka bermain dan sembunyi. Anda bisa memilih jenis tanaman yang baik untuk di tempatkan di dalam kandang.


Model Kandang Ayam Pheasant

Ayam ringneck pheasant adalah unggas dari keluarga Phasianidae yang berarti unggas tanah yang memiliki sayap pendek. Meskipun tidak bisa terbang seperti burung mereka bisa melompat tinggi dengan bantuan kepakan sayapnya. Untuk ringneck pheasant sendiri dapat meloncat mendadak saat panik setinggi 3 meter lebih. Karena itu model kandang untuk ringneck pheasant adalah kandang tertutup keseluruhan. 

Dinding belakang dan samping bisa menggunakan batu bata atau dinding permanen. Sedangakan untuk atap dan dinding depan bisa menggunakan kawat strimin atau wiremesh. Bagi anda yang bermodal minim dapat menggunakan jaring ayam untuk menghemat modal. Jaring ayam terbukti kuat untuk menahan ayam ringneck pheasant tetap di dalam kandang. Namun jika lokasi anda termasuk lokasi dengan banyak tikus besar, jaring ayam tidak cukup kuat untuk menahan gigitan tikus besar. z35W7z4v9z8w

Ringneck  pheasant seperti halnya jenis pheasant lainnya terkenal suka membuat lubang di tanah, ketika mereka gunakan untuk mandi pasir (kipu), otomatis tanah akan tergerus dan bisa semakin dalam. Perlu diperhatikan pondasi kandang supaya mereka tidak bisa menerobos keluar lewat bawah dinding kandang.

Lantai / Alas Kandang Ternak Ayam Pheasant

Alas kandang ayam ringneck pheasant sebaiknya dari tanah atau pasir. Mereka sangat senang mandi pasir/tanah di siang hari. Meskipun demikian, jika anda termasuk orang yang malas membersihkan kandang, boleh juga menggunakan keramik sebagai lantai kandang sehingga lebih mudah dalam membersihkan. Tidak perlu memberikan sekam atau semacamnya seperti kandang ayam pedaging karena justru hanya membuat kotor.

Sediakan ranting pohon , kayu atau bambu sebagai tenggeran. Ayam ini senang bertengger di atas saat tidur. Konon, ayam yang tidur nangkring di atas lebih aman dari penyakit di banding ayam yang tidur di bawah.

Kandang yang aman dan nyaman, yang berarti aman dari segala hal termasuk predator dan virus penyakit yang mungkin dapat menyerang mereka. Perhatikan letak kandang usahakan terkena sinar matahari pagi. Perhatikan juga sirkulasi udara supaya kelembapan kandang tidak terlalu tinggi. Kelembaban yang tinggi di dalam kandang ternak ayam pheasant dapat mengakibatkan tumbuhnya virus atau bibit-bibit penyakit yang bisa saja menyerang ayam ringneck pheasant.

Bisakah Ayam Ringneck Pheasant di lepas begitu saja di halaman atau di taman ? 

Jawabnya bisa. Jika anda memiliki kebun yang luas, atau taman, atau halaman yang luas, ringneck pheasant dapat dilepas begitu saja. Perlu di ingat anda harus memiliki tembok yang tinggi minimal 3 meter. Dan perlu diperhatikan akses pintu atau lobang keluar harus ditutup dengan kawat atau jeruji. 

Supaya lebih aman anda bisa melakukan wing cut, atau pemotongan sayap. Biasanya para peternak ayam biasa memotong sayap sekunder untuk unggas-unggas yang dapat terbang seperti bebek mandarin

Wingcut juga sering dilakukan oleh para penghobi burung paruh bengkok yang menginginkan burung mereka dilepas di halaman namun tidak dapat terbang jauh. Sayap yang di potong hanya sebelah saja, sehingga keseimbangan mereka terganggu.

Demikian tadi ulasan mengenai kandang ternak ayam hias ringneck pheasant untuk anda yang ingin memelihara atau ternak ayam pheasant.
Disqus Comments