-->

Makanan Ayam Hias Ringneck Pheasant

Makanan ayam hias ringneck pheasant sama halnya seperti ayam biasa pada umumnya. Hal ini tentu merupakan suatu keuntungan dimana jika dibandingkan dengan ayam biasa harga ringneck pheaasant lebih mahal. Padahal biaya operasi dari pakan sama saja. Itulah salah satu keunggulan  prospek agrobisnis ternak ayam hias ringneck pheasant di banding ternak ayam biasa. 

Pakan Utama Ayam Ringneck Pheasant

Di alam atau habitatnya, ayam hias ringneck pheasant memakan biji-bijian, pucuk rumput atau daun muda, buah berry, serangga, cacing atau ulat dan siput. Mereka seperti unggas lainnya yang kadang memakan kerikil kecil untuk membantu pencernaan.

Di penangkaran peternak ayam hias memberi pakan pabrik untuk makanan utama ringneck pheasant. Pakan pabrik jadi yang biasa di sebut Voor adalah makanan jadi untuk unggas yang bersal dari jagung, gandum, kedelai, dan bahan-bahan lain. Berbeda dengan Konsentrat yang merupakan bahan khusus untuk campuran pakan ternak.


Pakan pabrik atau Voor ayam memiliki jenis yang berbeda yang biasanya disesuaikan dengan usia ayam. Pakan Starter atau pakan untuk anakan ayam biasa memiliki seri 1 seperti BR1, 511 dan 591. Pakan seri/jenis ini cocok untuk anakan ringneck pheasant 1-2 bulan.

Selanjutnya dilanjutkan dengan pakan jenis Grow Up yang biasa memiliki seri 2-3 seperti 512, AD2 dan 592. Setiap seri pakan ayam memiliki kandungan nutrisi yang berbeda disesuaikan dengan usia ayam.

Beberapa peternak ayam hias tidak mengindahkan atau mengabaikan hal ini sehingga dari anak-remaja atau bahkan indukan ringneck pheasant diberi pakan voor yang sejenis. Hal ini dapat berakibat kurangnya produksi indukan karena obesitas. Bahkan beberapa jenis ayam hias seperti Dong Tao chicken dari vietnam dapat mengalami kelumpuhan akibat obesitas.

Saran kami, ikuti rekomendasi dari pabrik pakan bahwa mereka telah membuat beberapa jenis pakan ayam yang telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi sesuai usia ayam.

Pakan Tambahan Ayam Ringneck Pheasant

Seperti di alamnya ayam ringneck pheasant menyukai rumput atau daun muda, buah dan serangga. Maka untuk tambahan nutrisi kita dapat memberikan pakan tambahan selain pakan utama yang berupa Voor Ayam.

Pakan tambahan yang baik untuk ayam hias ringneck pheasant :

  • Beras Merah
  • Jagung giling
  • Kacang hijau
  • Buah Pepaya
  • Kangkung  dan sawi hijau
  • Jangkrik
  • Ulat kandang
Untuk beras merah, jagung giling dan kacang hijau dapat di campur bersama voor ayam. Sedangkan sayuran seperti kangkung dan sawi dapat diberikan begitu saja. Jangkrik dan ulat boleh diberikan seminggu sekali.


Tempat Pakan Yang Baik

Foto di atas adalah anakan ayam hias ringneck pheasant yang baru menetas di penangkaran. Wadah pakan yang baik seperti juga pakan yang baik, disesuaikan dengan usia ayam. Untuk anakan ringneck anda bisa membeli wadah pakan seperti tempat pakan ayam broiler biasa. Namun jika untuk ringneck dewasa biasanya kurang sesuai. Makanan akan banyak yang tumpah dan mengotori kandang.

Perlu diketahui bahwa makanan sisa yang tumpah di kandang ternak ringneck pheasant akan mengundang predator dan juga virus. Tikus adalah predator utama yang suka makanan sisa. Sedangkan makanan yang sudah lama bisa berjamur dan menjadi penyakit. Selain itu bau makanan sisa akan menyengat dan mengganggu sekali.

Untuk itu penting sekali untuk menjaga kebersihan kandang ternak ayam hias ringneck pheasant. Bersihkan pakan sisa yang tumpah di lantai kandang. Usahakan membuat wadah pakan yang sedikit lebih tinggi dari leher ayam supaya makanan tidak banyak yang tumpah.

Demikian informasi makanan ayam hias ring neck pheasant yang baik dan benar untuk anda para pecinta ayam hias pemula yang ingin memelihara atau budidaya ayam ringneck pheasant.
Disqus Comments