Peluang Usaha Ternak Ayam Hias Ringneck Pheasant

Peluang usaha ternak ayam hias ringneck pheasant di tahun 2019. Bagi pengusaha agribisnis pemula yang ingin terjun ke dunia peternakan terutama di sektor ternak ayam hias. Berikut ini kami berikan sedikit gambaran mengenai prospek bisnis ternak ayam hias ringneck pheasant.

Tentang Ayam Hias Ringneck Pheasant

Ayam hias ringneck pheasant adalah ayam hutan asal tibet yang disukai oleh kolektor, penghobi dan pecinta ayam hias. Keindahan warna merah bulunya denga garis garis seperti batik dan ekornya yang panjang membuat ayam hias ini pantas menghiasi taman atau halaman rumah anda. Tidak butuh kandang luas untuk memelihara ayam ringneck pheasant. Cukup kandang 1x1 meter untuk sepasang ayam hias yang cantik ini.

Keunikan ayam ringneck pheasant lainnya adalah kepekaan meraka terhadap gempa. Mereka bisa mendeteksi getaran sebelum gempa kita rasakan. Ayam hias ini akan berkokok panik berulang ulang sambil mengepakan sayapnya sesaat sebelum gempa terjadi. Karena itu beberapa peternak menyebut ayam hias ringneck pheasant sebagai ayam pendeteksi gempa.

Permintaan Ayam Hias Ringneck Pheasant

Permintaan akan ayam hias jenis ring neck pheasant ini masih lumayan tinggi. Beberapa peternak masih kewalahan melayani banyaknya permintaan ayam pegar kalung ini. Dari anakan yang baru netas, sampai remaja sudah bisa di jual di bursa ayam hias Indonesia. 

Beberapa peternak bahkan menjual telur ringneck pheasant khusus bagi mereka yang sulit di jangkau ekspedisi hewan. Beberapa kota besar di Indonesia memiliki aturan tidak boleh memasukkan unggas dari luar pulau seperti Bali, Pontianak, Papua dan kota lainnya. Para penghobi di kota tersebut dapat memesan telur ayam ringneck pheasant untuk kemudian ditetaskan sendiri.

Pemasaran Ayam Hias Ring Necked Pheasant

Para peternak biasanya memasarkan produk ayam hias mereka melaui online. Baik melalui media social seperti facebook, instagram dan twitter, ataupun melalui portal online shop seperti OLX, Jualo, Tokopedia dan Buka Lapak. Beberapa website peternakan juga terlihat memasang iklan ayam hias ringneck pheasant seperti Agromaret.com, Jualhewan.id dan lain sebagainya.

Beberapa pelapak di pasar burung juga terlihat men jual ayam hias ringneck pheasant. Seperti di pasar burung Pramuka dan Barito, Pasar Burung Kartika Semarang, Pasar Burung Solo dan Pasar Burung Surabaya, Pasar Burung Muntilan dan Pasar burung PASTY Yogyakarta. 

Harga Jual Ayam Ring neck Pheasant

Dari pantauan beberapa sumber seperti OLX, Jualo, Ayam Hias Jogja, Bursa Unggas Hias dan website jual beli hewan lainnya, harga ayam hias ringnecked pheasant indukan berkisar 1,5-3 juta untuk jenis ringneck merah dan ringneck hijau. Sedangkan harga anakan ringneck pheasant berkisar 300-500 ribu per ekor tergantung usia.

Jika dibanding dengan ayam kampung biasa, harga ringneck pheasant masih jauh lebih tinggi. Hal ini merupakan salah satu keunggulan dalam usaha budidaya ayam hias. 

Prospek Budidaya Ayam Hias Ringneck Pheasant

Melihat harga dan  permintaan ayam hias pegar kalung ini, peluang usaha ternak ayam hias ring neck pheasant masih menggiurkan. Apalagi melihat karakter ayam ringneck yang mudah dalam perawatan, tidak cengeng, daya tahan tubuh yang baik. Dan yang paling penting produksi telurnya yang tidak mengenal musim membuat peluang usaha ternak ayam hias ringneck pheasant ini cocok untuk pemula yang ingin terjun di dunia agrobisnis.

Tidak seperti jenis pheasant lainnya seperti Golden, Yellow, Lady Pheasant, Silver dan lainnya yang hanya bertelur 1 tahun sekali di musim penghujan. Mengenai cara budidaya atau cara ternak ayam ringneck akan kami sampaikan dikesempatan berikutnya.z35W7z4v9z8w

 

Disqus Comments