-->

Meraup Untung Dari Bisnis Jual Beli Ayam Hias

Meraup Untung dari Bisnis Jual Beli Ayam Hias trend positip di pertengahan tahun 2019. Ayam hias seperti halnya benda, barang, atau hewan yang memiliki nilai keindahan, keunikan, keanehan dan tentunya keeksotisan tersendiri. Mereka memiliki nilai jual tak terbatas dan tidak memiliki patokan yang jelas. Karena itu, jual beli ayam hias termasuk seni tersendiri.

Tidak semua orang suka dan memang tidak wajib memaksa orang untuk suka. Karena kecintaan yang lahir dari hati akan melahirkan sikap dominan yang kadang tidak dapat di nalar. Harga ayam hias yang tergolong mahal dan sangat mahal untuk beberapa jenis tidak akan menyurutkan niat para pecinta ayam hias untuk membelinya. Namanya juga cinta, apapun akan dilakukan untuk memilikinya. Kecuali jika anda termasuk golonga yang percaya kepada "Cinta tak harus memiliki".


Pengertian Ayam Hias.

Kita mulai dari awal yaitu pengertian ayam hias. Tentunya kita telah biasa menemui ayam potong yang untuk konsumsi dan ayam petelur sebagai produksi telur. Meskipun saat memasuki masa-masa lebaran seperti ini ayam petelurpun berubah menjadi ayam potong di banyak tempat. Atau anda salah satu penggila ayam aduan atau ayam tangkas atau sabung ayam atau hanya suka judi ayamnya saja. Beberapa otak kotor ketika disinggung tentang ayam larinya pasti ke "ayam kampus" sebuah istilah yang dipakai untuk mendifinisikan ayam yang sering main di kampus.

Tapi ada juga penggila kuliner yang akan langsung terbayang denga "ayam geprek" ataupun  ayam ingkung salah satu olahan ayam khas di Jogja. Yang pasti ayam hias jauh dari definisi di atas. Ada sedikit nyerempet dengan ayam aduan atau ayam tangkas. Kenapa ? Beberapa jenis ayam hias dulunya adalah ayam aduan yang setelah adanya larangan sabung ayam fungsi mereka berubah menjadi ayam hias saja. Dari segi hargapun mirip dengan ayam aduan yang bisa mencapai puluhan juta rupiah. Dan mungkin penghobi antara ayam hias dan ayam aduan gak beda beda jauh gilanya.

Ayam hias bukanllah ayam yang berhias atau bersolek atau ayam yang dihias melainkan ayam yang memiliki keindahan, keunikan, keanehan tersendiri baik dilihat dari tampilan fisik, perilaku maupun suaranya. Mereka biasanya memiliki standar of perfection untuk memudahkan para juri saat diadakan lomba atau kontes ayam hias.


Kategori Ayam Hias

Beberapa jenis ayam hias hanya bisa dinikmati tampilannya, beberapa jenis yang lain hanya bisa suaranya, namun ada juga ayam hias yang memiliki keindahan baik tampilan maupun suaranya. Kita dapat mebagi kategori ayam hias dari beberapa kriteria seperti di bawah ini :

1. Yang pertama dari ukurannya, ayam hias di bagi menjadi 2 yaitu ayam standar dan bantam.  Ayam dengan ukuran standar memiliki berat minimal 2 kg sedangkan ayam jenis bantam memiliki ukuran standar 650 gram. Jika tidak paham dengan kata-kata bantam chicken sebut saja "ayam kate". Ada beberapa jenis ayam memiliki 2 versi seperti ayam phoenix dan White Face yang memiliki versi standar dan versi bantam. Namun ada juga ayam yang hanya memiliki versi kecil (True bantam) seperti ga tre tan chau ada juga ayam yang hanya memiliki versi standar atau large seperti ayam brahma.

2. Dari Tampilan Dan Suaranya ayam hias dibagi menjadi beberapa kategori.

  • Ayam unik yang dinikmati suaranya seperti ayam bekisar, ayam ketawa, dan ayam pelung. Ayam hutan yang sering kali dipelihara juga sangat eksotis baik dari warna maupun suaranya. Dari segi suara banyak bermunculan kontes atau lomba ayam seperti lomba ayam ketawa, lomba ayam bekisar dan lomba ayam pelung. 
  • Ayam yang unik bentuk dan tampilannya seperti ayam poland, ayam batik, ayam kapas, ayam kate dan ayam serama. Lomba-lomba ayam untuk jenis ini akan menilai ayam dari segi postur, tampilan dan menarik tidaknya berdasarkan standar masing-masing ayam. burung dara atau Merpati hias juga salah satu unggas yang masuk kategori ini. 
  • Ayam yang unik dari warnanya yang eksotis seperti golden pheasant, yellow dan lady amherst, ayam merak, dan beberapa jenis ayam dari keluarga “phasianidae“. Banyak sekali unggas yang masuk ke kategori ini terutama dari jenis unggas air dan burung. Seperti bebek mandarin, black swan, carolin duck, flamingo dan crown crane. 
  • Ayam atau unggas yang unik dilihat dari perilaku dan kepandaiannya. Untuk jenis yang satu ini biasa sangat bergantung sekali kepada trainer atau pemiliknya. Seperti burung yang bisa bicara, bisa trick dan freefly.


Sasaran Bisnis Ayam Hias

Sasaran dari Bisnis jual beli ayam hias ini tentunya adalah penggila unggas atau pecinta ayam hias. Para kolektor ayam hias tidak segan mengeluarkan banyak uang untuk membeli ayam  hias yang mereka sukai. Mungkin sama saja dengan gaya komersial wanita-wanita jaman now yang doyan shoping dan menghabiskaan uang mereka di mall. Hanya saja untuk ayam hias ini adalah "HOBI" dan saya kira untuk sebuah kata hobi akan sangat sulit dibendung.

Setiap tahun akan selalu ada penghobi atau pecinta ayam hias pemula yang sayangnya ketika baru mulai sudah banyak para penipu online yang mengincar mereka. Jika tidak hati-hati maka penghobi baru ini akan tertipu dengan harga murah yang ditawarkan penipu. Saya sendiri heran, para penipu online shop ini merambah hampir semua produk yang dijual di internet. Terutama dari sektor hobi seperti ayam hias, burung dan tanaman.

Bagi para pelaku bisnis ayam hias dan hobi, para penipu olshop ini sangat-sangat merugikan. Pembeli sudah tida percaya lagi dengan sistem transfer dulu baru kirim. Sedangkan khususnya ayam hias, belum ada olshop yang mengjinkan penjual ayam hias memajang dagangannya. Katakanlah tokopedia dan buka lapak yang menjamin keamanan bertransaksi. Dalam peraturan mereka melarang jual beli hewan meskipun pada praktenya ada saja toko atau pelapak yang melanggar aturan tersebut.

Selama ini hanya OLX dan Jualo yang memperbolehkan jual beli hewan. Namun sayangnya untuk rekening bersama jualo dan OLX dibatasi sebesar 5 juta.

Bisnis Jual Beli Ayam Hias

So, tidak semua yang membeli ayam hias adalah murni penghobi. Kebanyakan dari mereka juga sekedar bisnis atau mencari keuntungan dari bisnis ayam hias ini. Tentu dengan mind set seorang pebisnis mereka akan mencari ayam hias dengan harga murah dan menjual dengan harga tinggi. Makanya kalau menurut "Bamsbreeder" lebih enak melayani orang gila dari pada melayani pebisnis ini....

Namun hal ini tentu tidak dapat di ingkari. Ada gula ada semut, di situ ada peluang maka pasti para pelaku bisnis ini berkerumun. Dari yang tadinya gak tahu apa-apa tentang ayam hias hingga terjun ke dunia ayam hias. Bisnis jual beli ayam hias ini memang sangat menggiurkan. Kenapa  ? Karena sasarannya adalah penghobi, dan seperti di singgung diatas tadi bahwa tidak ada patokan untuk kesenangan. Alias tidak ada standar untuk harga ayam hias.

Jangan heran jika bisnis ayam hias juga melibatkan export import. Beberapa jenis ayam yang tidak ada di Indonesia harus di import atau didatangkan dari negara lain. Pun sebaliknya, pecinta ayam hias luar negeri sangat menyukai ayam hias dari Indonesia. Jadi janga salah, jangan di kira bisnis ayam hias ini adalah bisnis kacang-kacangan. Jika digeluti dengan benar, bisnis jual beli ayam hias dapat beromzet milyaran rupiah.

Ini baru jual beli saja ya, belum yang mau ternak atau budidaya ayam hias. Meskipun budidaya ayam hias tergolong high risk bisnis namun bisnis apa sih yang bisa untung banyak namun tidak berisiko ?
Disqus Comments