Persiapan Kandang Ternak Golden Pheasant

Persiapan kandang ternak golden pheasant sebelum anda melangkah lebih jauh untuk memelihara atau budidaya ayam hias golden pheasant. Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli ayam pegar emas ini adalah ketersediaan kandang. Untuk ayam pheasant sendiri sebenarnya tidak perlu kandang yang luas jika hanya untuk hiasan / pajangan taman atau halaman. Namun jika anda berniat ternak golden pheasant maka sebaiknya kandang dibuat senyaman mungkin. Kalau bisa membuat kandang seperti di alamnya akan lebih baik lagi.

Lokasi Kandang Golden Pheasant

Tentukan lokasi kandang yang baik untuk ayam hias kesayangan anda. Lokasi kandang yang baik untuk ayam hias pegar emas adalah yang aman, tenang, dan nyaman. Pastikan lokasi kandang mendapat sinar matahari yang cukup. Sinar matahari pagi baik untuk kesehatan ayam golden pheasant. Sinar matahari pagi juga sangat bermanfaat untuk membunuh kuman atau virus yang dapat mengakibatkan penyakit pada ayam pheasant.

Pastikan juga lokasi kandang tidak terlalu lembab dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Kandang yang terlalu lembab disukai oleh bibit-bibit penyakit dan ini tidak baik untuk kesehatan ayam pheasant. Untuk itu anda harus bisa memastikan bahwa nantinya kandang akan tetap kering dan tidak lembab.

Kandang yang aman bukan hanya aman dari tangan jahil, tapi juga dari gangguan predator dan ayam lain. Karena ayam golden pheasant dan Lady Pheasant masuk kategori ayam langka dengan harga mahal, tentunya anda tidak ingin ayam hias kesayangan anda tertular penyakit dari ayam lain yang berkeliaran. Usahakan tidak ada akses dengan ayam liar di sekitar anda.



Alas atau Lantai Kandang

Alas kandang untuk ayam golden pheasant sebaiknya dari tanah atau pasir. Karena seperti ayam hias lainnya, mereka suka mandi pasir (kekipu) untuk membersihkan bulu-bulu mereka dari kutu. Biasanya mereka melakukan mandi pasir saat beranjak siang hari hingga siang hari dimana saat itu kondisi lantai kandang hangat.

Namun untuk anda yang ingin membuat kandang minimalis, yang mungkin hanya menempel pada rumah dan ingin kandang selalu terlihat bersih, anda bisa menggunakan lantai semen atau keramik. Dalam kasus ini yang perlu disiapkan adalah membuat kotak telur yang diberi jerami supaya pada saat mereka bertelur tidak jatuh di lantai yang keras. Golden pheasant adalah unggas tanah dan mereka bertelur dan mengeram di tanah. Tidak diatas seperti burung. Letakkan saja kotak berisi jerami di pojok kandang supaya mereka bertelur di dalam kotak.


Bentuk Kandang Ternak Golden Pheasant

Ayam golden pheasant (ayam hong) berasal dari dataran Cina. Ayam ini mempunyai nama latin Chrysolophus pictus termasuk ordo Galliformes (burung gallinaceous) dan keluarga Phasianidae. Meskipun dari postur tubuhnya mirip dengan burung namun kita menggolongkan ke dalam jenis ayam. Mereka memiliki sayap yang pendek dibanding panjang tubuhnya, karena itu mereka tidak bisa terbang seperti burung. Namun mereka dapat meloncat tinggi dan jauh dibantu dengan sayapnya. Karena itu kandang untuk golden pheasant harus di buat tertutup keseluruhan.

Dinding kandang bisa terbuat dari kawat wiremesh atau kawat strimin. Untuk kandang yang bebas dari air hujan bisa juga menggunakan jaring ayam. Pengalaman kami jaring ayam akan bertahan kuat bertahun tahun jika tidak terkena hujan. Namun perlu diperhatikan lingkungan anda. Untuk lokasi yang banyak predatornya seperti tikus besar, musang dan predator lain, jaring ayam ini tidak akan kuat menahan gigitan predator tersebut. Jadi menurut kami yang paling aman adalah menggunakan wiremesh atau kawat strimin.




Luas Kandang

Bentuk kandang pheasant silahkan menyesuaikan tempat atau lokasi yang ada. Luas minimal untuk kandang ternak golden pheasant 1 x 2 meter dengan tinggi 2 meter. Untuk ukuran tersebut bisa di isi 1 jantan 2 betina. Golden pheasant ini termasuk unggas poligami, 1 jantan bisa dikawinkan dengan lebih dari 3 betina.

Untuk anda yang memiliki tempat luas bisa membuat kandang yang lebih luas. Atap kandang bisa dibuat terbuka sebagian. Sebagian ditutup genteng / asbes dan sebagian lagi tertutup jaring. Dengan model kandang seperti itu air hujan bisa masuk. Jangan salah, mereka seang hujan-hujanan. Dan jangan kaget jika mereka tidur di bagian yang tidak beratap.

Sediakan tempat bertengger di kandang, bisa dari kayu atau pun ranting. Jika kandang besar anda bisa menanam pohon atau tanaman hias yang pertumbuhannya tidak cepat. Tanaman perdu juga baik untuk mereka sembunyi dan bermain. Tidak masalah jika anda memiliki kandang yang luas sehingga anda bisa membuat kandang senyaman mungkin seperti di alamnya.

Kebersihan Kandang

Jangan lupa untuk membersihkan kandang mereka setiap hari. Biasanya kotoran mereka hanya berkumpul di tempat mereka tidur. Sapu bersih kotoran mereka di pagi hari. Jika anda menggunakan lantai semen atau keramik anda boleh saja menyemprot kandang dengan air. Beberapa peternak membuat seperti yang demikian supaya praktis dan cepat membersihkan kandang ternak golden pheasant.

Untuk menghindari penyakit atau virus, anda boleh menyemprot kandang dengan antiseptic seminggu sekali. Pada musim-musim pancaroba perlu juga menyemprot kandang dengan desinfektan. Namun anda perlu mengosogkan kandang terlebih dahulu sebelum menyemprot kandang dengan desinfektan ini.

Demikian sedikit gambaran mengenai persiapan kandang ternak ayam hias golden pheasant untuk anda yang ingin memulai usaha budidaya ayam golden pheasant. Persiapan ini juga berlaku untuk anda yang ingin beternak ayam yellow pheasant dan Lady pheasant.

Disqus Comments